top of page

Kemajuan Teknologi Merubah Gaya Hidup Masyarakat


Tangkap dengan gadget teknologi terbaru yang sesuai dengan gaya hidup saat ini atau risiko yang tertinggal, merintih atas peluang yang hilang.

Selama dua dekade terakhir, telepon seluler dan berbagai gadget teknologi telah sangat maju. Mereka dulu besar dan berat, tetapi sekarang perangkat bisa masuk ke dalam saku apa pun.

Di masa lampau, anak-anak asyik dengan pemutar kaset portabel Sony Walkman untuk mendengarkan musik, kamera, perekam kaset video, dan penyelenggara elektronik untuk mencatat hal-hal penting dan tanggal.

Sekarang, semua hal ini dilakukan di ujung jari menggunakan hanya satu gadget.

Memiliki banyak fungsi yang dipadatkan menjadi satu perangkat telah membuat hidup jadi lebih mudah hari ini dengan peningkatan teknologi, terutama Internet.

Terlepas dari apa yang dilakukan orang, kebanyakan dari mereka akan berada di smartphone mereka baik itu saat mengemudi, mengambil eskalator atau bahkan pergi ke toilet.

Meskipun mengklaim terkunci dalam kondisi ekonomi yang lemah, generasi muda cenderung memilih perangkat mobile high-end pada tren, dan menjadi terlalu sadar pada merek, kamera megapixel, penyimpanan memori internal dan memori akses acak (RAM).

Meski meratapi biaya hidup, mereka hampir tidak mempertanyakan peningkatan biaya gaya hidup mereka.

Untuk mengejar perkembangan teknologi mobile, perusahaan telekomunikasi (telcos) telah memperkenalkan berbagai rencana panggilan, termasuk data internet yang sangat besar untuk memastikan pai mereka dari pangsa pasar tetap kuat.

Jika seseorang melihat kembali ke tahun 1995, koneksi Internet digunakan untuk dial-up, dioperasikan oleh Jaring, jaringan yang dijalankan oleh Institut Sistem Mikroelektronika Malaysia (Mimos).

Internet hanya bisa terhubung ke satu komputer dan terhubung ke saluran telepon. Jika seseorang berbicara di telepon, koneksi Internet menjadi rusak.

"Saya lebih suka menyimpan uang saku saya dan menggunakannya untuk membeli kartu prabayar agar tidak dimarahi oleh orang tua saya karena tagihan telepon mahal saat itu," kata Fadzilah Mahmud, 35, kepada Bernama.

Kartu Ring Ring adalah layanan telepon prabayar yang menggunakan jaringan telepon tetap Telekom tetapi dihentikan pada bulan Juni 2015.

Sekarang juga hadir dengan pengenalan suara, jari dan wajah sebagai kemajuan kecerdasan buatan, di mana telepon dapat dikunci dan dibuka kuncinya, mengirim teks, menerjemahkan suara dan teks dari bahasa apa pun dan bahkan mengidentifikasi tempat dan barang melalui grafik.

Ambil contoh sektor keuangan. Mobile banking melalui aplikasi telah melonjak drastis selama bertahun-tahun.

Untuk mobile banking, pembayaran elektronik mencapai 100,5 juta volume transaksi senilai RM5,12 miliar dibandingkan 400.000 volume senilai RM4,5 juta pada periode yang sama.

Statistik bank sentral pada bulan Desember tahun lalu juga mengungkapkan bahwa sebagian besar orang Malaysia kemungkinan akan membawa kartu debit dan ponsel, dan saat ini, ada sekitar 45,4 juta kartu debit dan 42,8 juta langganan telepon seluler.

Ini secara signifikan menunjukkan bahwa dari individu ke bisnis, semua orang beradaptasi terhadap digitalisasi.

Saat ini, Quick Response atau kode QR dan mobile wallet adalah hal yang di-untuk sektor keuangan dan orang-orang tidak perlu pergi ke bank untuk melakukan transaksi lagi.

Dari perspektif dunia bisnis, Internet telah meruntuhkan dinding yang pernah membatasi bisnis di mana mereka dikurung di belahan dunia tertentu dan menghabiskan banyak uang untuk berdagang di luar negeri.

Di abad 21 ini, semuanya adalah bor

bottom of page